Ruang & Waktu Tidaklah Ada

Ditulis oleh Lotuschef – 11 November 2014
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: 時空是不存在的 Time & Space do not exist

Pranala ceramah Mahaguru – Sabtu, 8 November 2014:
Dalam Bahasa Mandarin:
2014年11月8日聖尊蓮生活佛盧勝彥開講「大圓滿九次第法」-西雅圖雷藏寺

Dalam Bahasa Inggris:
11/08/2014 Nine Stages Dharma of the Great Perfection Dzogchen by Grand Master Lu-Ling Shen Ching Tze Temple

Kutipan berikut adalah ringkasan yang diambil dari internet, meski tak sepenuhnya sama dengan yang dikatakan oleh Mahaguru. :)
Namun Mahaguru sempat memberikan jawaban untuk Tugas [3] nomor 2!
Meski hanya sebagian saja dari jawaban nomor 2 tersebut.
:)

蓮生活佛談到:看到今天有「迎請回台灣」,有「請我留下」的,有師母的致詞…;但在佛法中,在時間和空間來講真正的義諦是「時空是不存在的」;時空都不存在了,更何況是「東方」、「西方」。
Mahaguru: Melihat bendera [Selamat datang kembali ke Taiwan], dan [Mohon tetap tinggal di sini], dan pidato dari Shi-mu; bagaimanapun juga di dalam konteks Buddha Dharma, dalam hubungannya dengan Ruang & Waktu, arti sesungguhnya atau Kebenaran Utama-nya adalah [Ruang & Waktu Tidaklah Ada]; apalagi [Sebelah Timur], [Sebelah Barat].

雖然師尊的肉身回到了台灣,不在西雅圖;或者回到西雅圖,在台灣肉身就不見了…;但在佛法的義諦來說「生」與「死」都不存在!
Meski tubuh fisik Mahaguru kembali ke Taiwan, tak lagi berada di Seattle; atau kembali ke Seattle, tak berada di Taiwan; dalam aspek Kebenaran Utama Buddha Dharma, [Hidup] dan [Mati] semuanya tidaklah ada!

就像今天觀世音菩薩已經距離我們很遠了,好像不存在了…;「觀世音菩薩」是「八大菩薩」之一,是盛名遠播的大菩薩;但今天同修時,白色的「觀世音菩薩」就現身在前,而且高高頂立。
Sama seperti Bodhisattva Avalokiteshvara yang sangat jauh dari kita, seakan-akan sudah tak ada; sebagai salah satu dari [8 Maha Bodhisattva], beliau begitu tersohor dan dikenal; namun di sesi sadhana bersama hari ini, [Avalokiteshvara Berjubah Putih] muncul di hadapan, beliau berdiri menjulang tinggi.

所以,修行成就以後,是沒有「生死」,「生死」根本就不存在,「十方」也不存在
Saat kamu berlatih hingga mencapai keberhasilan, maka tak ada lagi yang namanya [Hidup atau Mati]. Dan berhubung hal tersebut tak ada, begitu juga halnya dengan [10 Penjuru].

所以觀世音菩薩就說過一句話「隨處祈求隨處現」…;當你所有的念頭全部沒有的時候,你恭敬祈請祂,祂就出現
Demikianlah Bodhisattva Avalokiteshvara pernah berkata: [memohon di manapun, muncul di manapun]…; saat semua pikiranmu sudah tak ada, dan kamu dengan segala hormat mengajukan permohonan, [Ia] akan muncul.

宗喀巴大師是如何看見諸佛菩薩的?!宗喀巴祖師祈求所有諸佛菩薩現全身,到了「般舟三昧」的時候,所有的念頭全部靜止的時候,所有的諸佛就現身在面前了
Bagaimana halnya Je Tsongkhapa bisa melihat semua Buddha & Bodhisattva?
Beliau memohon agar semua Buddha & Bodhisattva menampakkan diri, saat berada dalam Samadhi Pratyutpanna*, di mana semua pikiran telah dihentikan, semua Buddha menampakkan diri mereka di hadapannya.

(Perhatikanlah berikut ini karena mereka merupakan Intisari yang Mahaguru ingin sampaikan!)

師尊不是只有肉身的師尊,而是在虛空無窮盡的師尊;所以,你只要心中有師尊,隨時都會顯現在你的身邊。
Mahaguru tak dibatasi oleh tubuh fisik ini saja. Kapasitas-Nya tak terhingga di dalam hamparan kekosongan yang tiada batasnya ini; oleh karenanya, selama Mahaguru selalu berada di dalam hatimu, beliau bisa muncul di sisimu kapanpun juga.

不管你在哪裡,你只要好好的修「上師相應法」,修到相應了,虛空的師尊隨時隨地就在你身邊。
Tak peduli di manapun kamu berada, selama kamu melatih [Guru Yoga] dengan benar sampai mendapatkan keberhasilan, maka Mahaguru yang berada di dalam kekosongan imajiner akan selalu menyertaimu kapanpun dan di manapun kamu berada.

師尊「無處不現身」!
Mahaguru bisa muncul di mana saja!

一個大的成就者,就有這麼大的力量,十方法界都可顯現出來,都可「自在任運」的救度眾生,所以,觀世音菩薩是「千處祈求千處現」!
Seseorang dengan keberhasilan akan punya kesaktian semacam itu. Ia mampu muncul di sepuluh penjuru alam, mampu [melaksanakan kehendaknya dengan leluasa kapanpun juga] untuk menyelamatkan para insan, demikian pula halnya dengan Bodhisattva Avalokiteshvara [Seribu permohonan, seribu penampakan]!

將來有一天,師尊的肉身會消失掉,但精神和佛性是永遠不會消失掉!。
Suatu saat di masa mendatang, meski tubuh fisik Mahaguru telah hilang, NAMUN Intisari dan Tathagatagarbha-nya Tak akan Pernah menghilang!

~~~~~~~~~~~

{《般舟三昧经》(梵文:Sūtra Pratyutpanna-buddha sammukhāvasthita samādhi,Sutra Samadhi Pratyutpanna)

此经介绍了经由经行与忆念他方佛的方法,在禅定中,可以亲见十方佛,得到他方佛的教导。并以阿弥陀佛为十方佛的代表,通过忆念阿弥陀佛,可以见到无量佛。

此经另一个特色,是与般若学结合,在修行到亲见十方佛之后,反观自性,了解到诸佛都是心中的幻象,就可因此证悟空性

Sutra ini memperkenalkan 经行 praktik/meditasi Sutra dan metode mengenang Buddha dari kejauhan, saat berada dalam Samadhi Dhyana akan mampu bertemu dengan para Buddha dari 10 penjuru secara pribadi, juga menerima ajaran dan instruksi dari mereka. Bersama dengan Buddha Amitabha sebagai sang wakil dari para buddha dari 10 penjuru, lewat mengenang Buddha Amitabha, maka si praktisi akan mampu melihat para buddha yang banyaknya tak terhingga.

Hal khusus yang dijelaskan di sutra ini adalah penyatuannya dengan ideologi Prajna, di mana saat mampu melihat para buddha dari 10 penjuru di dalam sesi sadhana, lihatlah ke dalam diri sendiri dan amatilah Sifat Sejati Diri Sendiri, pahamilah bahwa semua buddha adalah manifestasi dari hati sendiri, maka dengannya akan mampu mengafirmasi dan merealisasikan sifat sejati dari kekosongan.}

~~~~~~~~~~

Dari arsip percakapan:

AA: Ceramah Mahaguru seperti benar-benar disesuaikan dengan apa yang kubagikan dengan para murid di HK! Hehe!
Nov 8, 12:33 AM

BB: Beliau mengutarakannya dengan ceria seperti anak kecil hahahaha, tapi pesannya sangat jelas.
Nov 8, 2:17 PM

AA: Yup. Mahaguru sekarang sangat eksplisit! Tak lagi menutup-nutupi. :)
Menampilkan diri-Nya di dalam diriku kepada para murid di HK juga membantu memperkokoh iman dan kepercayaan mereka kepada Mahaguru.
Begitulah kiranya kesaktian astral digunakan! :)
Aku mengunggah foto-foto yang kamu bagikan.
Foto yang kamu bagikan lebih berguna.

BB: :) ya, banyak murid yang sungguh butuh dukungan untuk memperkokoh iman mereka supaya tak dibohongi oleh para VM palsu juga.

AA: Kebanyakan murid memang harus segera sadar dan benar-benar mendengarkan Mahaguru lol.
Nov 8, 3:48 PM

~~~~~~~~~

Hahaha!
Jadi sekarang teman-teman tahu kenapa Mahaguru Lu bisa muncul di hadapanmu?

Mengenang Mahaguru? Dengan selalu mengutamakannya di dalam pikiranmu!

Aku telah menuliskan salah satu kunci untuk keberhasilan Guru Yoga – jangan lupa untuk selalu membawa serta Mahaguru denganmu di segala waktu!
Kamu bisa “membayangkan” Mahaguru berada di sisimu di segala aktivitas harianmu!
Kamu bisa bertanya kepada-Nya kapanpun mengenai opininya akan berbagai persoalan yang kamu temui, SEAKAN-AKAN beliau selalu berada di sisimu juga!

Maka pelan-pelan kamu akan berpikir untuk mengikuti opini Mahaguru dan kemudian membentuk sebuah pola pikir akan preferensi Mahaguru; seperti kiranya “Apa yang akan Mahaguru pikirkan atau lakukan” di beberapa situasi tertentu!

Saat kamu punya pola pikir yang mirip dengan Mahaguru atau Buddha manapun, dan kamu juga selalu menjalankan kehendakmu dengan leluasa kapanpun juga untuk memberi manfaat bagi para insan, maka kamu telah berhasil beryoga dengan Mahaguru Lu! :)

Hahaha!
Bukankah sebenarnya sederhana?

Dengarkanlah ceramah Mahaguru berhubung ada banyak konsep dan kiat yang beliau ajarkan di sesi ini.

 Lama Lotuschef

Share Button

Recent Posts

Speak Your Mind

*